Bupati Soppeng Andi Kaswadi Berpesan dan Mengajak Seluruh (ASN) dan Masyarakat Untuk Menunaikan Kewajiban Zakatnya Melalui BAZNAS .


Bupati Soppeng Andi Kaswadi Berpesan dan Mengajak Seluruh (ASN) dan Masyarakat Untuk Menunaikan Kewajiban Zakatnya Melalui BAZNAS .

Jumat, 05 April 2024



Soppeng, -Globaltopinfo.com

Bupati Soppeng HA. Kaswadi Razak, SR dan Wakil Bupati Soppeng Ir H. Lutfi Halide, MP bersama pejabat daerah, Forkopimda, para pimpinan SKPD dan Kabag membayar zakat harta melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Soppeng yang dilangsungkan di Hark Cafe Malaka yang dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama. Kamis (4/4/2024).

Dikesempatan itu, Ketua Baznas Kabupaten Soppeng Km.Satturi, S.Pdi.M.Pdi mengatakan bahwa terkait kewajiban berzakat bagi setiap umat Islam itu, sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. 

Kata Dia " membayar zakat salah satu rukun Islam yang mempunyai keutamaan dan keistimewaan tersendiri, karenanya membayar Zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam. 

Hal itu telah ditetapkan di dalam Al Quran yang artinya seseorang yang memiliki harta atau penghasilan yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup dasarnya dan keluarganya, serta memiliki lebih dari itu, maka diwajibkan untuk membayar zakat fitrah
Jelas Satturi.

Menurutnya zakat tidak hanya berdimensi ibadah, tetapi juga berdimensi sosial dan ekonomi, sehingga dengan zakat diharapkan mampu mengatasi problem kemiskinan dan kesenjangan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu Satturi mengatakan bahwa, pihaknya membutuhkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Soppeng untuk terus mengejar potensi zakat.

Sementara itu, Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak menyampaikan bahwa, pembayaran zakat merupakan sebuah kewajiban yang bertujuan untuk mensucikan diri demi membersihkan sebagian harta yang kotor, terlebih dilakukan di bulan suci Ramadhan, ungkapnya. 

Dikesempatan itu, Bupati Andi Kaswadi juga berpesan dan mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan seluruh masyarakat Kabupaten Soppeng untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui BAZNAS Kabupaten Soppeng.

Selain peneriman zakat, pada waktu yang bersamaan juga disalurkan  bantuan kepada 50 Anak Yatim Piatu dari 5 Pondok Pesantren.

(Red)