Kegiatan Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka Akan Dimulai Hari Ini, Ini Agendanya


Kegiatan Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka Akan Dimulai Hari Ini, Ini Agendanya

Jumat, 14 Juli 2023


Soppeng, Globaltopinfo.com,-
Kegiatan Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka adalah suatu kegiatan acara besar yang akan dilaksanakan di Kabupaten Soppeng tanggal 15 - 18 Juli 2023 yang pembukaannya akan dilaksanakan di Lapangan Gasis Watansoppeng, Sabtu malam (15/7/2023).

Adapun kegiatan Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka ini dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Soppeng bekerjasama dengan Balai pelestarian budaya dan adat Sulawesi Selatan serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gau Maraja yang diprakarsai oleh Perkumpulan Wija Raja (Perwira) Lapatau Matanna Tikka untuk mengenang Leluhur yang pernah berjasa di masanya baik dalam pemerintahan, perdagangan maupun dalam membela hak-hak rakyat dan adat budaya masyarakat Bugis.

Dalam kegiatan tersebut nantinya tari bakul dengan menggunakan Mapping yang sepertinya berada di atas sawah, ada juga alat tradisional Padendang yang kemudian hasil padi disimpan di Rakkiang (lumbung pangan).

Sementara itu di Villa Ratu Yuliana bakal menggunakan Mapping layaknya di masa lampau.

Dikegiatan tersebut juga ada pemutaran video Arung Palakka, Video Profil Lapatau, Sejarah singkat Lapatau dan pertunjukan budaya permainan rakyat diantaranya Maggasing, Massalo, Majjeka, Makkaddaro.

Tak hanya itu namun juga ada video Sutera dan Hulu ke Hilir hingga Pameran Benda Pusaka, Seminar dan jalan santai Anti Mager dengan menyediakan door prize serta sejumlah acara lainnya.

Adapun agenda kegiatan Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka adalah:









(Red/**)