Gubernur Sul-Sel H. Andi Sudirman Sulaiman,ST Resmi Membuka Kegiatan Porseni PGRI VI Tahun 2023 Se Sulsel Di Kab.Soppeng


Gubernur Sul-Sel H. Andi Sudirman Sulaiman,ST Resmi Membuka Kegiatan Porseni PGRI VI Tahun 2023 Se Sulsel Di Kab.Soppeng

Senin, 24 Juli 2023

Gubernur Sul-Sel H. Andi Sudirman Sulaiman,ST saat menjadi Inspektur Upacara pemebukaan Kegiatan Porseni PGRI VI Tahun 2023 Se Sulsel Di Kab.Soppeng(ist)

Soppeng Globaltopinfo.com,-
Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, H.A.Sudirman Sulaiman, ST menghadiri Upacara Pembukaan Porseni ke-VI PGRI Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023yang dilaksanakan di Stadion H.A.Wana Laburawung Kabupaten Soppeng. Senin, 24 Juli 2023.

Sebelum upacara dilaksanakan dilakukan defile kontingen dari 24 Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan.


Adapun Laporan Ketua PGRI Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Hasnawi Haris, M.Hum menyampaikan bahwa Pada porseni ke VI ini yang diikuti oleh Kabupaten Kota Se Sulawesi Selatan mulai tanggal 24 sampai 28 Juli 2023 sebanyak 54.452 orang, dengan cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan sebanyak 16, 8 cabang olahraga dan 8 cabang seni ditambah dengan kegiatan lomba kreativitas guru dan seminar nasional yang pada siang hari ini juga akan dilaksanakan di ruang pola Kantor Bupati Soppeng.

" Catatan tambahan dari laporan teman-teman Kontingen kendaraan yang masuk di Kabupaten Soppeng terdaftar dari kemarin sebanyak 9.200 mobil, izinkan kami selaku pengurus provinsi PGRI Sulawesi Selatan beserta seluruh teman-teman pengurus PGRI kabupaten/kota Sulawesi Selatan menyampaikan rasa bangga rasa syukur dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan beserta seluruh Bupati Sulawesi Selatan, wabil khusus Bupati Soppeng yang berkenan hadir dan memberikan support luar biasa dalam kegiatan Porseni ke-VI tahun ini ".

" Kegiatan ini bisa berlangsung karena koordinasi komunikasi dan sinergitas antara PGRI dengan pemerintah Kabupaten dan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan, permohonan maaf jika dalam pelaksanaan porseni kali ini terdapat kekurangan dan kehilafan".


Sementara sambutan penerimaan Bupati Soppeng,H.A.Kaswadi Razak, SE menyampaikan 
Ucapan terima kasih yang tak terhingga dan sekaligus Selamat datang kepada kita semua dan tentunya juga permohonan maaf apabila selama keberadaan kita di Soppeng ada sesuatu hal yang mungkin tidak pada tempatnya atau ada sesuatu yang tidak berkenan kami memohon maaf yang sebesar-besar tapi yang terpenting walaupun Kabupaten Soppeng daerahnya kecil ibaratnya rumahnya kecil, tapi yakin dan percaya Tette’ i Masagena Atinna Punna Bola’E, itulah prinsip-prinsip yang dianut orang Soppeng apalagi kalau itu sudah menjadi perintah Apapun yang terjadi kita laksanakan.

" Kami sangat bersyukur bahwa tanggung jawab ini sebenarnya sangat luar biasa, sangat memerlukan suatu kepercayaan tinggi sehingga suatu daerah bisa menjadi tuan rumah dengan kegiatan besar seperti ini, makanya yang patut kami syukuri juga karena Ibu Ketua Umum PGRI Republik Indonesia hadir di tengah-tengah kita, tidak gampang bisa hadir seperti ini karena mungkin karena melihat Soppeng yang sudah mulai dikenal di mana-mana sehingga penasaran hadir di tengah-tengah kita" .

" Yang tidak kalah pentingnya para Bupati hadir disini beserta dengan ibu, beserta seluruh rombongan besarnya ini menandakan komitmennya terhadap keberadaan PGRI, tentu pelaksanaan Porseni ini menjadi wadah pertemuan para guru disemua tingkatan, Alhamdulillah di tingkat Provinsi dengan dipercayakan di kabupaten Soppeng ketika Bapak Gubernur menentukan Soppeng sebagai tuan rumah saya dengan Ketua PGRI provinsi menghadap karena waktu disampaikan oleh ketua PGRI Sulawesi Selatan Saya tidak percaya bahwa Soppeng mau ditunjuk menjadi tuan rumah dan ternyata betul, karena perintah tidak bisa ditawar-tawar di belakang persoalan ".


Adapun sambutan Ketua Umum PGRI Pusat, Prof. Dr. Unifah Rosyidi, Menyampaikan 
Ucapan terima kasih secara khusus kepada Bapak Bupati Soppeng dan beserta ibu, Soppeng yang ceria saya tidak pernah membayangkan satu daerah menerima 54.000 orang di sini, masyarakatnya juga luar biasa, hanya dengan satu tujuan yaitusolidaritas, dan kita siap PGRI hadir untuk Provinsi Sulawesi Selatan, kami sebagai Ketua Umum Pengurus besar PGRI ingin meminta video dan ingin melaporkan suatu pemandangan yang sangat unik sangat menggetarkan hati kita semuanya.

" Kami tentu tidak pernah berhenti untuk berjuang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah karena kita adalah Mitra strategis. para Gubernur,Bupati,Walikota adalah orang tua kita. soal sertifikasi guru yang tadi disebut-sebut oleh Bapak Gubernur dan Bapak Bupati pada umumnya maka perlu sampaikan bahwa, tahun lalu ketika undang-undang Sisdiknas akan ditentukan, maka draft yang utama adalah guru sebagai profesi dan sertifikasi guru juga akan dihapuskan, Alhamdulillah saya diterima oleh Bapak Presiden Jokowi Presiden menyampaikan tolong sertifikasi guru Jangan dihapuskan melainkan yang non sertifikasi dipercepat dengan program yang dipermudah".


Akhirnya pada saat itu Bapak Presiden Jokowi menyampaikan bahwa undang-undang Sisdiknas ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan dengan harapan bahwa sertifikasi guru tetap eksis bagi kita semua. Dan perlu kita ketahui bahwa sumbangan dari Bupati dan Gubernur luar biasa saya selalu menyampaikan bahwa mohon agar sertifikasi guru untuk guru-guru yang belum di sertifikasi dipermudah prosesnya. martabat guru selalu menjadi tanggung jawab utama komitmen utama kami semua untuk memajukan pendidikan. Ayo dukung bersama-sama pemerintah daerah, pemerintah pusat untuk memajukan pendidikan.


Adapun Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, H.A.Sudirman Sulaiman, ST selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya sekaligus membuka Porseni PGRI VI Tahun 2023, Saya mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Soppeng beserta seluruh jajaran dan Ketua PGRI yang melaksanakan kegiatan ini berkenan untuk menjadi tuan rumah kegiatan Porseni provinsi bersama Ketua PGRI provinsi. Kepada Ibu Ketua Umum PGRI Pusat selalu menjadi tempat koordinasinya Bapak Presiden terkait Guru, jadi berpanas-panas begini tidak apa-apa saya juga tadi teriak-teriak tentang sertifikasi karena saya tahu guru-guru kita ini adalah terdepan dalam mencatatkan anak-anak bangsa.

" Kami juga tentu bersama dengan Kabupaten/Kota telah memasukkan beberapa formasi P3K, Alhamdulillah tadi Saya dengar dari Soppeng 700 orang sudah masuk P3K, dan kami laporkan juga kepada Ibu Ketua PGRI Pusat di Provinsi Sulawesi Selatan memasukkan kuota tahun ini 30.000 orang, angka ini adalah terbanyak di Indonesia jadi bukan terbanyak di Indonesia timur".

" Kami juga di Provinsi Sulawesi Selatan telah menganggarkan 400 miliar untuk tahun 2020 itu dari APBD provinsi yang insya Allah untuk kemudian bagaimana ada dana sharing nanti dari pusat juga. Kami sampaikan juga di tempat ini bahwa Sulawesi Selatan tertinggi ke-5 yang masuk Anak SMA-nya alumni tahun ini perguruan tinggi seluruh Indonesia menggeser posisi DKI Jakarta, saya setelah instruksikan memang keras-keras kepada kepala sekolah, kalau lebih rendah lulus BTN dibanding tahun sebelumnya kepala sekolahnya di evaluasi tapi alhamdulillah tidaklah seorang guru yang diingat yang keras-keras yang kencang-kencang untuk kebaikan, mungkin mereka akan mengingat saya ada Gubernur yang keras-keras kepada semua kepala sekolah memberikan terus target-target tapi apa hasilnya Insyaallah 4 tahun ke depan kita akan menjadi terbesar alumni di Indonesia perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia".

" Ini tentu berkat dari pada teman-teman guru semuanya yang membutuhkan juga perhatian khusus termasuk ke mekanisnya. dan alhamdulillah Terima kasih banyak kepada Bapak Presiden telah memberikan kesempatan kepada guru-guru kami ada formasi P3K dan paling penting yang permintaan yang berikutnya adalah ada guru-guru juga di daerah terpencil dan sebagainya kami mohon juga ada pemikiran untuk informasi khusus yang mungkin anak-anak di sana adalah menjadi perhatian khusus kalau perlu memang dia akan diangkat disana dan pensiun disana karena mereka adalah orang-orang sana.


Turut hadir pada kegiatan ini, Bupati/Wakil Bupati Se- Sulawesi Selatan, Pejabat Pemprov Sulsel, Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Soppeng, Anggota Forkopimda.





(Red/**)